Jumat, 12 Oktober 2012

Stok Hewan Kurban di Depok Naik 10 Persen

Stok Hewan Kurban di Depok Naik 10 Persen



DEPOK - Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan Kota Depok mulai mengawasi dan memeriksa semua hewan kurban menjelang Idul Adha. Kepala Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan Kota Depok, Zalfinus Irwan mengatakan pengecekan hewan kurban dilakukan pada 26-27 Oktober nanti.

Pengecekan ini akan dilakukan pada sebelum dan sesudah hewan qurban dipotong untuk melihat apakah hewan ternak tersebut layak dikonsumsi atau tidak. Menurutnya hal ini dilakukan untuk memberikan jaminan kepada masyarakat akan keamanan dan kesehatan hewan untuk dikonsumsi.

"Tahun lalu pengawasan dan pengecekan kesehatan hewan kurban dilakukan pada 304 kandang hewan kurban," katanya di Depok, Jumat (12/10/12) malam.

Jumlah hewan kurban yang akan dicek kesehatannya di wilayah Depok, menurutnya meningkat dari tahun lalu. Peningkatan tersebut seiring dengan peningkatan stok hewan kurban mencapai 10 persen.

"Pada 2011, terdapat 10 ribu hewan kurban siap potong dari 19 ribu hewan yang sudah dipasarkan di Kota Depok. Tahun ini jumlah hewan kurban naik 10 persen dari tahun lalu. Tahun lalu ada 10 ribu hewan siap potong dari 19 ribu yang dipasarkan," kata Zalfinus.

Tim pengawasan dan pemeriksaan kesehatan hewan kurban akan melakukan pemeriksaan di tempat penjualan dan juga pemotongan. Mereka nantinya juga akan menilai apakah hewan-hewan kurban tersebut sudah memenuhi persyaratan untuk dipotong atau belum.

Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan Kota Depok akan mengerahkan sebanyak 75 petugas dari Kedokteran Hewan IPB untuk membantu melakukan pengecekan dan pengawasan kesehatan hewan kurban. Dinas Pertanian juga akan melakukan penyisiran di lapak-lapak pedagang daging di tiap kelurahan. (wdi)
sumber : http://economy.okezone.com/read/2012/10/13/320/703402/stok-hewan-kurban-di-depok-naik-10-persen

Menurut saya :
Depok adalah sebuah kota berkembang dimana kota depok ini menjadi kota penunjang ibu kota Jakarta. Jadi, depok banyak dijadikan sebagai daerah tempat tinggal oleh para masyarakat yang sebagian besar bekerja di wilayah Jakarta. Hal ini menjadikan depok tempat yang tepat untuk memasarkan suatu produk.
Seperti misalnya pada saat menjelang momen idul adha ini, sebanding dengan permintaan, penawaran hewam kurban di daerah Depok juga mneingkat. Hal ini dapat dilihat dari beridrinya banyak  tempat penjualan hewan kurban di sepanjang jalan akses UI.
Hal ini juga dapat menjadikan peluang Ekonomi tersendiri bagi warga Depok.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar