Senin, 10 Januari 2011

PENGARUH PEMERINTAH DALAM MENGATASI KONDISI PEREKONOMIAN DI INDONESIA

PENGARUH PEMERINTAH
DALAM MENGATASI KONDISI PEREKONOMIAN



Keterpurukkan ekonomi akibat gelombang krisis keuangan global yang diawali di Amerika Serikat saat ini telah menjadi kenyataan. Keterpurukkan tersebut ditandai dengan berbagai langkah tak populer di bidang keuangan yang terjadi di AS dan kini mulai menampakkan dampaknya ke negara-negara di kawasan lainnya.
Pemerintah tidak tinggal diam dan menunggu hingga badai itu melewati Indonesia serta memporak-porandakan ekonomi nasional, namun demikian peran pemerintah pusat saja tidak cukup, perlu ada keikutsertaan pemerintah daerah di bawah para pimpinan daerah.
Hal yang menjadi prioritas pemerintah adalah menempatkan pos anggaran pembangunan infrastruktur pada APBN dan APBD sebagai prioritas sebagai upaya untuk menahan gelombang pengangguran.
Presiden juga meminta aparat di pusat dan daerah agar terus menjalankan program yang terkait dengan kesejahteraan masyarakat seperti Bantuan Operasional Pendidikan, Jaminan kesehatan Masyarakat dan juga Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri.
Kerja sama antara Kementerian Hukum dan HAM RI ( DJHKI ) dengan Kementerian Perdagangan RI ( BPEN ) merupakan salah satu wujud keseriusan Pemerintah Indonesia dalam rangka meningkatkan dan memantapkan pengembangan Ekonomi secara menyeluruh. Peran serta Kementerian Perdagangan dalam penyebarluasan pengetahuan serta pemahaman Ekonomi nasional kepada UKM akan sangat membaantu dalam pembangunan sistem perekonomian secara menyeluruh. Diharapkan, dengan adanya penandatanganan naskah Nota Kesepahaman antara DJHKI dengan BPEN yang dilakukan hari ini akan lebih meningkatkan dan memantapkan kerjasama yang lebih intensif, produktif dan efisien dalam pembangunan sistem HKI sebagai pondasi dari ekonomi kreatif sehingga pada akhirnya dapat mendorong dan menciptakan iklim yang kondusif dalam pembangunan ekonomi kreatif di Indonesia.
Lalu Apa itu BPEN, BPEN adalah unsur penunjang pelaksanaan tugas Departemen Perdagangan yang berada dibawah Departemen Perdagangan dan bertanggung jawab kepada Menteri Perdagangan.
BPEN memiliki tugas melaksanakan pengkoordinasian dan pembinaan dibidang pengembangan ekspor.
Kondisi Perekonomian yang sedang terjadi Di Indonesia pada saat ini adalah, Masih belum adanya pemerataan kesejahteraan sosial antar manusia. Banyaknya rakyat miskin karena suatu alasan yang klasik yaitu tidak memiliki pekerjaan jadi mereka tidak memiliki pendapatan. Masih adanya kesenjangan sosial. Kenaikan nilai tukar mata uang asing. Banyak nya pejabat-pejabat atau petinggi-petinggi negara yang mengambil uang rakyat melalui korupsi.


Peranan yang harus dilakukan oleh Pemerintah Untuk Mengatasi Kondisi Perekonomian Indonesia Pada Saat Ini adalah, Pemerintah harus melakukan pemerataan kesejahteraan sosial bagi kaum menengah kebawah juga karena semuanya itu diatur dalam undang-undang negara republik indonesia. Menyediakan lapangan pekerjaan yang seluas-luas nya untuk mereka yang belum memperoleh pekerjaan. Mengatasi kesenjangan sosial di daerah-daerah. Menangkap seluruh koruptor-koruptor yang mengambil uang rakyat tanpa pandang bulu,supaya masyarakat tidak tertipu terus menerus. Tidak menyusahkkan rakyat kecil dengan kebijakan yang mengada - ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar