Senin, 16 Mei 2011

MENINGKATNYA INVESTASI DI TENGAH KENAIKAN HARGA


MENINGKATNYA INVESTASI
DI TENGAH KENAIKAN HARGA






Pasokan yang ketat pada pasar kayu dan hasil hutan lainnya pada tingkat internasional mengalami peningkatan. Hal ini justru menambah nilai investasi di indonesia  karena manjadi sebuah peluang bisnis pada sektor perhutanan indonesia dan hal ini secara tidak langsung berpengaruh  dalam peningkatan produksi dan memperluas kapasitas pabrik. 
pertumbuhan ekonomi dan pemulihan akibat bencana ( Tsunami di jepang ) membuat kebutuhan kayu internasional meningkat. dan investor diharapkan dapat memanfaatkan hal ini secara sebaik - baiknya.
Kementrian kehutanan pun berharap pertumbuhan bisnis kehutanan menjadi sebuah dampak positif kepada kenaikan penerimaan devisa negara. dan kementrian kehutanan sendiri mendapat target penerimaan yang cukup besar yaitu sekitar Rp. 2.94 T.
Sampai februari tahun ini, realisasi PNBP ( Penerimaan Negara Bukan Pajak ) yang berasal dari sektor perhutanan  antara lain, dari dana Reboisasi sudah mencapau Rp. 263,7 M ( sekitar 20.6 persen dari target ) dan provinsi sumber daya hutan ( PSDH ) mencapai Rp. 461.3 M ( 15,69 % ).
adapun hutang dana pengeluaraan Kementrian Kehutanan  yang terjadi selama periode tahun 1999-2000 sudah mencapai Rp. 1 T. dan hingga tahun ini sebanyak 28 perusahaan hutan tanaman industri telah melunasi pinjamannya sekitar Rp. 907.9 M.
Dan sebanyak 36 perusahaan HTI sudah mendapat persetujuanpenjadwalan ulang pembayaran hutang dan 28 perusahaan lain mesih tetap terus mencicil hutangnya. 
Sejumlah perusahaan HTI yang meminjam dana reboisasi, yang dipungut dari hasil penebangan kayu alam dengan dlih unutk mengembangkan hutan tanaman industri tetapi dalam perjalannya mengalami krisis moral yaitu para pengusaha buaknnya melanjutkan unutk mendirikan sebuah perusahaan HTI mereka justru malah membangun usaha pada sektor lain misal properti.
Sementara itu, pasokan yang ketat saat permintaan naik membuat harga kayu lapis meningkat tajam. hal ini membuka peluang industri kehutanan nasional  unutk memanfaatkam momentum yang sangat baik unutk investasi ini.
misalkan saat ini harga kayu lapis indonesia berukuran 3 x 6 kaki di jepang mencapai 900 dollar AS. dan di amerika Serikat sendiri harganya mencapai 700 dollar AS.
dua bulan lalu sebelum tragedi tsunami di jepang melanda harga kayu lapis indonesia belum mencapai setinggi ini. dan saat ini merupakan momentum yang paling tepat bagi investasi di industri kayu nasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar