Kamis, 19 Mei 2011

PENGARUH KENAIKAN BBM TERHADAP PEREKONOMIAN INDONESIA

PENGARUH KENAIKAN BBM
TERHADAP PEREKONOMIAN INDONESIA


Ada indikasi terhadap penyelewengan – penyelewengan dalam pendistribusian bahan bakar minyak. Di beberapa tempat bahkan muncul spekulasi akan kenaikan harga BBM jadi mereka melakukan penimbunan BBM agar dapat dijual dengan harga tinggi pada saat harga BBM itu naik.
Padahal untuk saat ini tidak aka nada kenaikan untuk BBm bersubsidi yang ada adalah pengurangan BBm bersubsidi itu sendiri maupun kenaikan harga pada sector BBm yang tidak bersubsidi. Pemerintah pun menunda waktu pelaksanaan program BBm bersubsidi yang pernah dicanangkan bahwa BBm bersubsidi haanya akan di berikan terhadap kendaraan kendaraan tertentu.
Hal ini sedikit banya mempengaruhi perekonomian Indonesia karena dengan adanya penimbunan BBm tersebut masyarakat mengalami kesulitan untuk mendapatkan BBM. Dan kelangkaan itu sengat berpengaruh terhadap harga BBM di pasaran.hal ini pulalah ( harga BBM ) yang mempengaruhi sebagian besar harga komoditas.
Karena harga BBM naik maka biaya pengangkutan juga akan naik, dan bila harga pengangkutan naik maka harga kebutuhan bahan pokok juga akan naik, dan bila harga kebutuhan pokok naik maka daya beli masyarakat terhadap suatu barang akan menurun.
Daya beli masyarakat yang menurun tentu dapat mempengaruhi pendapatan nasional Indonesia. Dan oleh karena itu pemerintah diharapkan untuk lebih untuk melakukan pengawasan yang ketat terhadap sepukaln BBM, karena hanya dengan spekulasi harga BBM yang akan naik, “ hanya spekulasi “ hal itu dapat sangat mempengaruhi perekonomian Indonesia.
Bahkan hanya karena spekulan ini, Indonesia pernah mengalami deficit sekitar 0.6 % di tahun 2010 lalu. Diharapkan tahun ini tidak akan terjadi kenikan BBM lagi. Karena dikhawatirkan jika harga BBm naik maka tingkat Inflasi Indonesia juga akan naik. Dan jika peraturan BBm bersubsidi telah diterapkan maka diperkirakan target inflasi pemerintah sebesar 5 plus minus 1% akan sulit tercapai.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar