Jumat, 16 November 2012

BI optimistis arus modal masuk meningkat


BI optimistis arus modal masuk meningkat

Jakarta (ANTARA News) - Bank Indonesia (BI) optimistis arus modal masuk (capital inflow) ke Indonesia akan meningkat dalam beberapa waktu ke depan.

Perkiraan tersebut disampaikan Deputi Gubernur BI Hartadi Sarwono usai pembukaan seminar internasional "Asia sebagai Mesin Pertumbuhan Ekonomi Global: Fokus Investasi di Indonesia" di Gedung BI, Jakarta Pusat, Selasa.

Optimisme tersebut, menurut Hartadi dipengaruhi latar belakang ekspektasi pertumbuhan ekonomi yang bagus maka akan ada arus modal yang masuk lagi dalam beberapa waktu ke depan.

"Dengan ekonomi yang bagus, kita optimis akan ada `capital inflow` yang masuk lagi dalam beberapa kuartal ke depan atau beberapa bulan ke depan," kata Hartadi.

Hartadi menambahkan prediksi tersebut juga dipengaruhi situasi perekonomian di Amerika Serikat yang akan mengeluarkan kebijakan-kebijakan ekonomi baru pascakemenangan Obama sebagai presiden.

"Bahkan sekarang pun sudah terasa adanya arus modal masuk ke Surat Berharga Negara (SBN)," katanya.

Menurut Hartadi, jika arus modal masuk itu semakin banyak, pemerintah bisa memanfaatkannya untuk membiayai kegiatan ekonomi jangka menengah-panjang.

Namun, jika dana tersebut bersifat jangka pendek akan menyebabkan kelebihan likuiditas yang harus diserap bank sentral.

"Saya sebut kelebihan likuiditas karena belum bisa dimanfaatkan untuk kegiatan ekonomi sehingga harus diserap bank sentral karena dana ini bersifat `fresh money` (dana segar) yang gampang sekali menjadi `revearsal` (pembalikan)," kata Hartadi.

Oleh karena itu, Hartadi berpendapat bahwa peningkatan kapasitas penyerapan kelebihan likuiditas oleh bank sentral menjadi sangat penting.


sumber : http://www.antaranews.com/berita/343307/bi-optimistis-arus-modal-masuk-meningkat

Analisa : "Dengan ekonomi yang bagus, kita optimis akan ada `capital inflow` yang masuk lagi dalam beberapa kuartal ke depan atau beberapa bulan ke depan," kata Hartadi. Yups, Perekonomian di Indonesia memang dalam masa pertumbuhan yang sangat pesat yang memancing banyak Investor asing menanamkan modalnya di sini .
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar