Sabtu, 03 November 2012

PKL Salah Satu Penyumbang Tersebesar Perekonomian Indonesia


PKL Salah Satu Penyumbang Tersebesar

 Perekonomian Indonesia




Batam- Salah satu penyumbang terbesar perekonomian Indonesia adalah keberadaan Pedagang Kaki Lima (PKL). Karena besarnya sumbangan PKL, pemerintah akan berusaha mengembangkan keberadaanya dan menjaganya agar tidak tergusur.

“Saya tidak ingin melihat kota rapi, tapi kami melakukan penggusuran para PKL. Kota memang harus rapi, tapi para PKL tidak boleh digusur,” kata Hatta Rajasa selaku Menteri Koordinator Perekonomian saat berkunjung ke Batam, kemarin.

Hatta juga menuturkan, keberadaan PKL tidak akan mungkin dihilangkan dari sebuah negara. “Di negara manapun PKL ada, mereka ditempatkan (diberikan tempat) dan usaha berbasis kreatif dan sebagainya,” ujar Hatta.
 
Hatta juga menghimbau agar para PKL tersebut diberikan kesempatan dan dibina oleh pemerintah, sehingga mereka dapat berkontribusi tanpa perlu adanya pertentangan mengenai masalah penggusuran.

“Kemitraan menjadi kata kunci. Tanpa kemitraan PKL tidak bisa efektif,” kata Hatta.
Menurut Hatta, perbankan selayaknya memberikan bantuan terhadap para PKL. Ini harus dilakukan sesegera mungkin agar para PKL tersebut dapat naik, menjadi sebuah usaha yabg lebih tinggi.

Sumber :

Analisa :  Terdapat sangat banyak Pedagang Kaki Lima yang ada di indonesia. Hal ini memungkinkan mereka menjadi salah satu penyumbang perekonomian di Indonesia. Hal yang selama ini pemerintah lakukan dengan menggusur para PKL itu tidak lah terlalu patut. Hal yang sebaiknya dilakukan adalah menertibkan para pedagang tersebut dan di sosialisasikan bagaimana caranya agar mereka dapat berdagang lebih tertib dan tidak mengganggu kenyamanan bersama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar