Konsumen RI paling Percaya Diri Di Dunia
JAKARTA,
KOMPAS.com- Meski ekonomi dunia tengah lesu, konsumen Indonesia
tetap percaya diri. Hal itu terungkap dari hasil riset Nielsen yang menempatkan
tingkat kepercayaan konsumen Indonesia tertinggi di dunia. Keyakinan itu
menjadi peluang bisnis yang menjanjikan bagi kalangan dunia usaha.
Berdasarkan Global Consumer Confidence Index yang dirilis
Nielsen di Jakarta, Rabu (31/10/2012), indeks keyakinan konsumen Indonesia
sepanjang Triwulan III tercatat 119 poin. Meski turun 1 poin dibandingkan
indeks pada Triwulan II, indeks tersebut tetap menempati peringkat teratas di
antara 58 negara yang di survei oleh Nielsen. Rata-rata indeks konsumen global
tercatat 92 poin.
Managing Director Nielsen Indonesia Catherine Eddy mengatakan,
sepanjang tahun ini kepercayaan konsumen Indonesia tergolong stabil. Pada
triwulan I tercatat 118 poin, sementara triwulan II naik menjadi 120 poin dan
triwulan III di level 119 poin.
"Konsumen RI masih tercatat sebagai konsumen paling
optmistis di dunia bersama dengan India," paparnya.
Survei Nielsen mengungkap sebanyak 80 persen konsumen
online Indonesia percaya keadaan keuangan mereka akan baik bahkan sangat baik
selama 12 bulan ke depan. Sebanyak 57 persen konsumen juga menilai 12 bulan ke
depan adalah saat yang tepat membeli keinginan atau kebutuhan mereka.
"Ini menjadi pertanda baik bagi peluang bisnis di
Indonesia," katanya.
sumber :
Analisa : Hal Tersebut diatas memang terbukti dengan tetap tingginya tingkat konsumsi masyarakat Indonesia di tengah terpuruknya kondisi ekonomi dunia. Tetapi kepercayaan diri tersebut juga dapat menguntungkan Indonesia karena karena hal tersebut Indonesia menjadi salah satu dari sedikit negara yang mengalami pertumbuhan ekonomi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar