Jumat, 02 November 2012

Konsumen RI paling Percaya Diri Di Dunia


Konsumen RI paling Percaya Diri Di Dunia


JAKARTA, KOMPAS.com- Meski ekonomi dunia tengah lesu, konsumen Indonesia tetap percaya diri. Hal itu terungkap dari hasil riset Nielsen yang menempatkan tingkat kepercayaan konsumen Indonesia tertinggi di dunia. Keyakinan itu menjadi peluang bisnis yang menjanjikan bagi kalangan dunia usaha.
Berdasarkan Global Consumer Confidence Index yang dirilis Nielsen di Jakarta, Rabu (31/10/2012), indeks keyakinan konsumen Indonesia sepanjang Triwulan III tercatat 119 poin. Meski turun 1 poin dibandingkan indeks pada Triwulan II, indeks tersebut tetap menempati peringkat teratas di antara 58 negara yang di survei oleh Nielsen. Rata-rata indeks konsumen global tercatat 92 poin.
Managing Director Nielsen Indonesia Catherine Eddy mengatakan, sepanjang tahun ini kepercayaan konsumen Indonesia tergolong stabil. Pada triwulan I tercatat 118 poin, sementara triwulan II naik menjadi 120 poin dan triwulan III di level 119 poin.
"Konsumen RI masih tercatat sebagai konsumen paling optmistis di dunia bersama dengan India," paparnya.
Survei Nielsen mengungkap sebanyak 80 persen konsumen online Indonesia percaya keadaan keuangan mereka akan baik bahkan sangat baik selama 12 bulan ke depan. Sebanyak 57 persen konsumen juga menilai 12 bulan ke depan adalah saat yang tepat membeli keinginan atau kebutuhan mereka.
"Ini menjadi pertanda baik bagi peluang bisnis di Indonesia," katanya. 
sumber : 


 Analisa :  Hal Tersebut diatas memang terbukti dengan tetap tingginya tingkat konsumsi masyarakat Indonesia di tengah terpuruknya kondisi ekonomi dunia. Tetapi kepercayaan diri tersebut juga dapat menguntungkan Indonesia karena karena hal tersebut Indonesia menjadi salah satu dari sedikit negara yang mengalami pertumbuhan ekonomi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar